Sakit Pinggang yang Sering Diremehkan Wajib Anda Tahu

Sakit Pinggang yang Sering Diremehkan Wajib Anda Tahu
https://i.ytimg.com/vi/cAf5CdfMwFU/default.jpg
Jakarta - Dalam sebuah acara temu media di hotel Oak Tree Urban Jakarta Selatan pada Rabu 12 Juli 2017 lalu, Dr dr Luthfi Gatam, SpOT (K) mengatakan semua orang bisa terkena sakit pinggang atau low back pain. Penyebabnya bisa berbeda-beda tergantung keluhannya.


Menurut Dr dr Luthfi sekitar 98 persen kasus nyeri pinggang terjadi akibat masalah tulang belakang (spondylogenic). Bisa karena cedera mengangkat beban terlalu berat, gerakan yang tiba-tiba, atau faktor usia. Sakit pinggang juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti:



Kanker sumsum tulang belakang
Linu panggul
Radang sendi
Infeksi ginjal
Infeksi tulang belakang

Sakit pinggang akut dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Sedangkan sakit pinggang kronis akan berlangsung lebih dari tiga bulan.

Sakit punggung lebih cenderung terjadi pada individu antara usia 30 dan 50 tahun. Hal ini sebagian disebabkan oleh perubahan yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Seiring dengan itu, ada pengurangan kadar cairan antara tulang belakang di tulang belakang.
Berikut penyebab sakit pinggang menurut Healthline:
1. Keseleo
Otot dan ligamen di punggung dapat meregang atau robek karena aktivitas berlebihan. Gejalanya meliputi rasa sakit dan kekakuan di punggung bagian bawah, serta kejang otot. Istirahat dan terapi fisik adalah solusi untuk gejala-gejala ini.


2. Cidera Sendi
Sendi di belakang rentan terhadap cidera. Risiko ini meningkat seiring bertambahnya usia. Bagian luar sendi dapat sobek.

Cidera sendi biasanya terjadi tiba-tiba setelah mengangkat sesuatu atau memuntir punggung. Rasa sakitnya biasanya berlangsung selama sekitar 72 jam lebih.

3. Linu
Linu dapat terjadi dengan sendi hernia jika sendi menekan saraf linu panggul. Saraf menghubungkan tulang belakang ke kaki dan mengakibatkan rasa sakit pada tungkai dan kaki. Rasa sakit ini biasanya terasa seperti terbakar.

Baca juga: Obati Saraf Terjepit Tanpa Operasi, Bisakah?
4. Lekukan Tulang Belakang yang Tidak Normal
Skoliosis, kyphosis, dan lordosis adalah semua kondisi yang menyebabkan kelengkungan tulang belakang yang tidak normal.

Ini adalah kondisi bawaan yang biasanya pertama kali didiagnosis pada masa kanak-kanak atau remaja. Kelengkungan yang abnormal menyebabkan rasa sakit dan postur yang buruk karena memberikan tekanan pada otot, tendon, ligamen, dan tulang belakang

5. Kondisi Lain
Ada sejumlah kondisi lain yang menyebabkan sakit pinggang. Kondisi-kondisi ini meliputi:

-Arthritis adalah peradangan sendi.
-Fibromyalgia adalah nyeri jangka panjang dan nyeri pada persendian, otot, dan tendon.
-Spondylitis adalah peradangan sendi antara tulang tulang belakang.
-Spondylosis adalah kelainan degeneratif yang dapat menyebabkan hilangnya struktur dan fungsi tulang belakang yang normal. Meskipun penuaan adalah penyebab utama dari kondisi ini.

Kondisi kesehatan tambahan yang dapat menyebabkan sakit pinggang meliputi masalah ginjal dan kandung kemih, kehamilan, endometriosis, kista ovarium, fibroid rahim, dan kanker.

Dunia Binatang

Video Lainnya :

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | Redesigned :Tukang Toko Online
Copyright © 2011. Sampaikan Ilmu Dariku Walau Satu Ayat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger