Tuntunan Resepsi Pernikahan dalam Islam Wajib Anda Tahu

Tuntunan Resepsi Pernikahan dalam Islam Wajib Anda Tahu
https://i.ytimg.com/vi/IsvN47mO1yM/default.jpg
Pernikahan adalah sebuah ikatan yang menyatukan laki-laki dan perempuan melalui sebuah proses yang disebut akad nikah. Pernikahan dalam Islam diartikan sebagai bersatunya laki-laki dan perempuan secara lahir dan batin. Seorang muslim yang sudah baligh(dewasa), siap secara lahir dan batin serta mampu menafkahi, maka disarankan untuknya segera menikah karena tujuan menikah dalam Islam selain untuk meneruskan keturunan, memenuhi tuntutan naluri manusia yang asasi juga merupakan salah satu sunnah Rasul yang dapat menyempurnakan agama.


Soal pernikahan, Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan kepada umat Islam untuk menggelar resepsi atau walimatul ursy. Acara ini adalah pesta mengumumkan sekaligus merayakan sebuah pernikahan.

Pelaksanaannya yaitu usai akad nikah, sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. Bisa dilangsungkan begitu selesai akad nikah atau beberapa hari sesudahnya.

Para ulama sepakat menghukumi resepsi pernikahan sebagai amalan sunah muakad. Dasarnya adalah hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik RA.

" Rasulullah SAW belum pernah mengadakan walimah untuk istri-istrinya, seperti beliau mengadakan walimah untuk Zainab, beliau mengadakan walimah untuknya dengan seekor kambing."

Resepsi pernikahan atau walimatul urus(pesta pernikahan) secara bahasa artinya berkumpul. Tujuan dilakukannya resepsi adalah guna memberikan dan mebagikan kabar gembira tersebut kepada kerabat atau keluarga, serta sebagai wujud dari rasa syukur kita terhadap Allah SWT. islam tidak melarang umatnya untuk melakukan sebuah resepsi pernikahan, namun alangkah baiknya jika melakukan persiapan pernikahan dan resepsinya dalam bentuk yang sesederhana mungkin, sesuai dengan persiapan pernikahan dalam Islam.


Video Lainnya :


Share this product :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | Redesigned :Tukang Toko Online
Copyright © 2011. Sampaikan Ilmu Dariku Walau Satu Ayat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger